Pemkab Sleman Dinilai Tak Tegas Tertibkan Minimarket Tak Berizin

Penanganan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terhadap operasional minimarket tak berizin dinilai tidak tegas. Pasalnya muncul kesan pembiaran meskipun minimarket tak berizin semakin banyak.

Forum Pemantau Independen (Forpi) Sleman menilai semestinya Pemkab mengambil tindakan tegas dengan menutup minimarket yang tidak dapat menunjukkan izin operasional. Terlebih saat iini tidak izin bagi minimarket waralaba yang dikeluarkan.

“Jika memang tidak ada izin operasional, harus tegas ditutup. Apalagi jika pengelolanya berdalih sedang mengurus izin, bukan berarti minimarket sudah boleh beroperasi karena izinnya belum tentu diberikan,” ungkap anggota Forpi Sleman, Hempri Suyatna saat ditemui wartawan di Kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan perizinan Terpadu (BPMP2T) Sleman, Rabu (5/8/2015).

Menurutnya sejauh ini banyak pengelola minimarket tak berizin yang menjadikan kegiatan sosialisasi sebagai tameng untuk beroperasi. Padahal sosialisasi yang dilakukan belum tentu tepat sasaran. Pada akhirnya, toko-toko lokal yang dikelola masyarakat merasakan imbasnya lantaran terserobot pangsa pasarnya.

“Akibatnya banyak yang rugi. Kami sudah melakukan beberapa survey kepada pemilik toko yang berada di radius 100 meter dari minimarket waralaba dan hasilnya menunjukkan, pendapatan mereka rata-rata berkurang hampir 30 persen,” katanya.

Dengan kenyataan tersebut, kata Hempri, semestinya Pemkab mengambil langkah tegas dalam penertiban minimarket waralaba untuk menyelamatkan usaha milik masyarakat.

“Maka dari itu tidak boleh dibiarkan karena yang merasakan imbasnya adalah masyarakat,” ujarnya. (*)

PDNA Kulonprogo Gelar Musykerda

PDNA Kulonprogo Gelar Musykerda

21 Oktober 2018

Peserta Musykerda NA Kulonprogo di SMK Muhammadiyah I Wates, Ahad (21;10/2018) WATES, JOGNEWS.COM -- Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Kulonprogog menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Musykerda), Ahad (21/10/2018). Musykerda diikuti...

Glenn Fredly Ingin Musik Indonesia Mendunia

Glenn Fredly Ingin Musik Indonesia Mendunia

21 Oktober 2018

Glenn Fredly dan Raisa sebelum pentas di Yogyakarta, Sabtu (20/10/2018). (foto : heri purwata) YOGYAKARTA, JOGNEWS.COM -- Penyanyi Glenn Fredly kini tengah bekerjasama dengan penyanyi dan musisi Korea Selatan. Salah...

Meriah, Perayaan Pergantian Tahun di Yogyakarta

Meriah, Perayaan Pergantian Tahun di Yogyakarta

02 Januari 2017

Penyulutan kembang api di Area Rooftop Grand Quality Hotel. Yogyakarta, Ahad (1/1/2017). (foto : imperial pictura) YOGYAKARTA -- Perayaan pergantian tahun 2016 ke 2017 di Yogyakarta, Sabtu (31/12/2016), berlangsung meriah....

Kelompok Tani Mandiri Sukoharjo Jadi Percontohan Tani Modern

Kelompok Tani Mandiri Sukoharjo Jadi Percontohan Tani Modern

06 Agustus 2015

Yogyakarta - Gabungan Kelompok Tani Mandiri yang terdiri dari Kelompok Tani Ngudi Rahayu, Ngudi Rejeki, Asri Rata dan Ngudi Mulyo berhasil menerapkan sistem pertanian modern. Penggarapan lahan pertanian tidak lagi...

Pameran Lukisan The Creative Powers of Art

Pameran seni rupa karya guru-guru dan seniman "The Creative Powers of Art" digelar di Taman Budaya Yogyakarta, Kamis-Selasa  (28/4 - 3/5/2016). 

 

ozio_gallery_nano
Ozio Gallery made with ❤ by joomla.it